STANDING Banner atau sebagian orang menyebutnya dengan X banner, kini menjadi pajangan yang lazim diberbagai tempat. Karena harganya yang sangat terjangkau, banyak orang memanfaatkannya untuk saling mencuri perhatian.
Jika kita mengacu kepada kaidah dasar poster, X banner ini adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu X banner biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Seni terapan ini lebih ditujukan untuk propaganda dan reklame atas produk-produk yang dimuat didalamnya. Disebut sebagai standing banner karena memang berbentuk seperti spanduk yang berdiri. Disebut dengan X Banner karena dilakangnya ada tulang untuk menjaganya berdiri dan tulang ini berbentuk seperti huruf X.
Banyak pengusaha mikro, kecil dan menengah yang telah menggunakan media promosi ini. Sebagian pengusaha yang telah membuat x-banner ini berharap agar orang ‘melihat’ produknya. X-banner ini dijadikan media pajangan, menggantikan produk lainnya. Sebagian lagi menggunakan x-banner ini untuk menginformasikan daftar menu dan daftar harga. Memang boleh-boleh saja memanfaatkan media promosi tersebut untuk menyampaikan apapaun. Biasanya, aksi atau tindakan yang diharapkan adalah pembelian, pendaftaran atau upaya penjagaan peluang bisnis. Pengenalan nama atau sekadar pemberitahuan jelas sangat tidak cukup untuk memaksa seseorang bertindak sesuai dengan kemauan kita. Prinsip design poster atau x-banner ini, menuntut kesederhanaan pesan sehingga bisa dipahami serta dibaca dari jarak dekat Berbeda dengan spanduk.
Ada berbagai macam produk digital printing yang dapat digunakan sebagai media informasi dan promosi. Diantaranya ada baliho, spanduk, brosur, leaflet, dan lain sebagainya. X banner juga termasuk salah satu diantaranya. Jenis ini merupakan salah satu yang banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai hal, karena bentuknya yang simple dan efektif serta murah biaya pembuatannya.
X Banner berbentuk lembaran banner dengan konstruksi penyangga di belakangnya berbentuk menyilang mirip huruf “X”, yang menjadikan banner bisa berdiri sendiri. Biasanya X-Banner memiliki beberapa ukuran standart, yaitu: 60 x 160 cm, 80×180 cm.
X Banner biasanya ditempatkan di bagian depan toko, front office perusahaan atau instansi, event pameran, serta berbagai tempat lain yang memerlukan pengenalan dan uraian informasi agar orang tertarik dan mendatangi tempat tersebut. Pada umumnya X Banner berisi informasi tentang suatu produk atau layanan, profil instansi / perusahaan / sekolah, fasilitas umum atau sekedar gambar penghias saja.
Desain X banner pada event pameran tentu dikemas dalam tampilan menarik dan penuh warna. Sedangkan konten informasi yang ada pada X-Banner biasanya didesain dan dikemas dalam pesan yang sederhana, agar audience dapat tertarik tanpa harus mengerti dulu maksud dari isi X-Banner tersebut. Sehingga X-banner dapat menjadi alat promosi yang sangat efektif, karena mampu memberi nilai tambah untuk memberikan emotional benefit kepada audience.
Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa alasan memilih X-banner sebagai media promosi diantaranya adalah :
Mudah pemasangannya
Desain X-banner dapat dibuat se-atraktif mungkin
Isi pesan atau uraian informasi yang simple dan mudah dimengerti
Lokasi penempatan yang cukup efektif, karena mudah diakses oleh audience
Biaya pembuatan X-banner terbilang murah dan terjangkau
Karena itulah, banyak orang memilih produk digital printing yang satu ini untuk mendukung upaya penyampaian informasi atau promosi suatu produk. Dan melalui X-banner selain pesan-pesan dapat dengan mudah tersampaikan, juga dapat menambah tampilan baik produk, perusahaan / instansi serta suatu layanan tertentu terkesan lebih professional dan meyakinkan.
Mau membuat X Banner...? kamilah solusinya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar